Wednesday 19 February 2020

6 Suku Paling Terpencil Di Dunia

Mungkin susah dipercaya, tapi saat ini ternyata masih ada peradaban yang sedikit atau sama sekali tidak bersentuhan dengan dunia luar. Karena kebanyakan dari mereka berada di pulau-pulau yang susah dijangkau atau tinggal tersembunyi di suatu wilayah dengan hutan sangat lebat yang sulit dicapai dengan mobil/perahu/helikopter/kuda sembrani. Dengan memikirkan hal itu, inilah 6 suku terpencil yang tak akan ragu menekan tombol berlangganan jika mereka punya koneksi WiFi.

6. Kawahiva (Brazil)

Sejauh ini, bukti utama keberadaan suku Kawahiva hanyalah peninggalan-peninggalan arkeologi (rumah, anak panah, gubuk yang ditinggalkan, dll). Tapi sebuah rekaman video dari suku tersebut yang dibuat pada tahun 2011 meraih perhatian yang berarti dari seluruh dunia. Dikenal oleh penduduk setempat sebagai “manusia pendek” atau “orang berkepala merah”, suku mereka hanya terdiri dari 30 individu dan tinggal di dekat kota Colniza, Brazil. Meskipun mereka menjalani gaya hidup nomaden sebagai akibat ancaman dari luar, terdapat bukti bahwa mereka pernah hidup di pemukiman tetap. Mereka juga dikenal karena sistem tangga kompleks yang dibangun di pohon-pohon untuk mengumpulkan madu.

5. Yanomami (Venezuela)

Selama ribuan tahun suku Yanomami telah menghuni hamparan hutan tropis yang meliputi wilayah selatan Venezuela dan utara Brazil. Mayoritas dari 35.000 populasi Yanomami hidup di desa-desa yang menghiasi wilayah itu, tapi sejumlah anggota suku Moxateteu – nama yang diberikan untuk salah satu dari mereka yang belum berhubungan dengan dunia luar – relatif besar. Wabah Campak mengacaukan jumlah populasinya pada 1960an dan 500 lainnya telah terinfeksi pada tahun 2018. Penambangan emas menjadi ancaman lainnya.

The post 6 Suku Paling Terpencil Di Dunia appeared first on Brain Berries.



from Brain Berries https://ift.tt/2SG8WNC
via World News

No comments:

Post a Comment