Friday 6 March 2020

10 Manfaat Menjadi Vegetarian, Tertarik Untuk Mencobanya?

Pernahkah Anda membayangkan menjadi vegetarian? Kami yakin bahwa Anda masih mempertimbangkan baik buruknya. Jangan bingung, karena kami akan membocorkan 10 manfaat menjadi vegetarian dan mungkin saja membuat Anda tertarik untuk mencobanya. Tapi sebelumnya, Anda harus tahu bahwa terdapat 3 jenis vegetarian yaitu Vegan, Lacto dan Lacto Ovo.

Vegan adalah orang yang mengkonsumsi nabati saja seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur serta tidak mengkonsumsi produk hewani seperti telur dan susu. Sedangkan Lacto adalah orang yang tidak memakan susu atau produk lain berbahan susu namun masih memakan telur. Dan yang terakhir adalah Lacto Ovo yang masih mengkonsumsi telur dan produk berbahan susu. Nah, sesuai judul, yang akan kami bahas di sini adalah Vegan, dan mari menuju pembahasan utama! 

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kanker

Pernahkah Anda membayangkan bahwa hanya dengan menjadi Vegetarian, Anda bisa menghindari penyakit kanker? Ya, kanker ganas pada usus, hati, payudara, dan lain-lain dapat Anda hindari dengan mengkonsumsi sayuran dan buah.

Mengapa demikian? Karena sayur dan buah mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mendetoks tubuh dari radikal bebas yang menjadi penyebab penyakit kanker. Selain itu juga mengandung mineral, fitokimia, vitamin dan nutrisi sehat lainnya yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

2. Berat Badan Lebih Terjaga

Jika Anda hanya memakan buah atau sayuran yang kaya akan antioksidan dan serat, maka berat badan Anda akan lebih terjaga dan lebih rendah dibandingkan orang yang memakan daging. Karena serat dan antioksidan dapat meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

Hal itu juga dibuktikan oleh Oxford University melalui sebuah studi di mana 38.000 orang pemakan daging memiliki massa tubuh yang lebih tinggi daripada vegetarian. Sehingga bentuk tubuh Vegan menjadi lebih ideal daripada mereka yang masih memakan lemak hewani.

3. Menghindari Penuaan Dini

Kandungan mineral dan antioksidan pada sayuran dan buah-buahan juga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan menjaga pigmen kulit. Sehingga lebih menyehatkan kulit dan menghindari penuaan dini.

Sebaiknya Anda tidak memasak sayur dan buah dalam suhu tinggi agar tidak muncul Advanced Glycation End-Products (AGEs) yang dapat meningkatkan resiko penuaan dini, bertambahnya lemak, dan keriput. Tapi tetap harus dicuci hingga bersih menggunakan garam dan air hangat.

Namun ada beberapa makanan yang WAJIB dimasak dalam suhu tinggi seperti bayam, kacang tanah, asparagus dan kedelai. Makanan tersebut mengandung racun Saponin yang berbahaya saat dimakan mentah-mentah.

Maka Anda perlu membuat kelompok makanan mana yang bisa dimakan secara mentah dan kelompok makanan yang wajib dimasak terlebih dahulu.

4. Menjadi Lebih Rileks

Apakah Anda pernah mendengar bahwa orang yang hanya memakan sayur dan buah memiliki emosional yang lebih stabil daripada yang masih memakan daging dan lemak hewan? Banyak sekali yang percaya bahwa menjadi vegetarian akan terhindar dari stress dan selalu rileks.

Dan hal itu memang terbukti lho!

Karena kacang-kacangan menghasilkan hormon serotonin yang menjadi antidepresan. Sehingga hormon serotonin tersebut membuat tubuh menjadi lebih nyaman dan rileks. Nah, sekarang kita tahu darimana asalnya kestabilan emosi pada Vegetarian.

The post 10 Manfaat Menjadi Vegetarian, Tertarik Untuk Mencobanya? appeared first on Brain Berries.



from Brain Berries https://ift.tt/2PW7sNA
via World News

No comments:

Post a Comment