Thursday 2 April 2020

6 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru Dimainkan Hingga Sekarang

Masa kecil adalah masa yang penuh dengan kebahagiaan dan permainan tradisional yang menyenangkan. Jika masa kecil Anda diwarnai dengan bermain gundu, dakon, dan lainnya bersama teman sebaya, maka masa kecil Anda terasa lengkap ya. Untuk mengenang masa kecil, kami akan sajikan 6 permainan tradisional Indonesia yang seru untuk dimainkan hingga sekarang. Apa saja yang ada di dalam list? Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

1. Rangku Alu

Permainan pertama berasal dari Nusa Tenggara Timur bernama rangku alu. Awalnya penduduk Manggarai mempopulerkan permainan ini sebagai perayaan panen di pertanian dan perkebunan. Di saat orang dewasa memanen buah dan sayur, para remaja menyemangati mereka dengan bermain rangku alu sambil bernyanyi riang.

Rangku alu sangat bagus untuk melatih konsentrasi dan kecepatan berpikir anak-anak. Cara mainnya sangat mudah, sediakan 4 bambu dan buat 2 kelompok, kelompok bermain sekitar 4 anak dan kelompok berjaga sekitar 4 hingga 6 anak. Setelah itu, kelompok berjaga harus menggerakkan bambu buka-tutup sesuai dengan irama lagu. Kelompok yang bermain harus melompat melewati bambu-bambu saat terbuka.

2. Gundu

Gundu atau kelereng adalah permainan yang seru dan biasanya dimainkan oleh anak laki-laki, karena mengoleksi gundu merupakan suatu hal yang menakjubkan! Apalagi jika menemukan kelereng atau gundu yang super langka atau besar.

Biasanya, para pemain membuat lubang di tanah agar kelereng atau gundunya bisa masuk di lubang itu. Jadi siapa yang lebih dulu menggeser gundu lawan ke lubang itu, dialah yang menang. Atau ada peraturan juga jika gundu saling bertabrakan, maka yang menabrak akan mendapatkan kelereng lawan. Peraturannya berbeda-beda, tergantung wilayah Anda tinggal.

The post 6 Permainan Tradisional Indonesia yang Seru Dimainkan Hingga Sekarang appeared first on Brain Berries.



from Brain Berries https://ift.tt/343M4f3
via World News

No comments:

Post a Comment