Wednesday 20 May 2020

6 Fakta Menarik Tentang Warisan Dunia Candi Borobudur

Apakah Anda pernah berwisata ke candi Borobudur? Sepertinya pernah, ya! Candi yang sempat masuk dalam 7 keajaiban dunia itu sangat populer di kalangan turis baik lokal maupun mancanegara. Candi tersebut berlokasi di kota Magelang, Jawa Tengah. Ternyata banyak fakta menarik lho tentang candi Borobudur, apakah Anda penasaran? Nah, kali ini kami akan membagikan 6 fakta menarik tentang candi Borobudur kepada Anda!

1. Borobudur terbuat dari 2 juta batu vulkanik yang tersusun tanpa bahan perekat

Pernahkah Anda membayangkan candi seluas 15.129 meter persegi ini dibangun dari tumpukan batu yang disusun tanpa menggunakan perekat? Ya, candi Borobudur tidak menggunakan semen atau perekat apapun untuk menyatukan 2 juta batu vulkanik. Batu-batu tersebut ditumpuk sesuai pola sehingga terbentuk candi yang sangat besar.

Menurut sejarawan dan ahli geologi, proses pembangunan candi Borobudur kurang lebih ada 4 tahap. Tahap pertama adalah meratakan kontur tanah dan membuat pondasi yang terbuat dari batuan andesit dan jenis batu lainnya. Kemudian pada tahap kedua, dilakukan pembangunan undakan persegi, pagar langkan, undakan melingkar, dan stupa induk yang sangat besar.

Sedangkan di tahap ketiga, stupa induk tunggal dibongkar menjadi tiga undakan lingkaran kecil dan dibangun pula stupa-stupa kecil secara melingkar. Lalu pada tahap terakhir terjadi perubahan kecil dan tahap penyelesaian. Diperkirakan proses tahap 1 sampai 4 terjadi dari tahun 750-an sampai tahun 850-an pada masa dinasti Syailendra. Wow, lama juga ya pembangunannya butuh waktu 100 tahun!

2. Sir Thomas Raffles yang pertama-kali mengenalkan Borobudur kepada dunia

Apakah Anda pernah mendengar nama Sir Thomas Raffles? Dia adalah pria asal Inggris yang pernah menjadi Gubernur Jenderal di Bencoolen yang sekarang bernama Bengkulu dan yang memperkenalkan candi Borobudur kepada dunia. Awalnya, candi Borobudur terkubur di dalam lapisan tanah dan vulkanik karena letusan gunung vulkanik berabad-abad yang lalu.

Candi Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles. Dia juga mempopulerkan candi Borobudur lewat sebuah buku bernama ‘The History of Java’ yang berisikan sejarah Jawa. Di buku itu pula, Raffles mendeskripsikan candi Borobudur seperti gundukan besar yang ada di tanah dan tertutup semak belukar.

Dalam buku ‘The History of Java’, Raffles memberi nama candi megah itu dengan sebutan Bore Budur. Bore adalah nama desa pada masa itu, dan Budur adalah Purba. Sedangkan ada para ahli yang berpendapat bahwa Borobudur berasal dari istilah Sambharabudhara yang mengandung arti gunung yang memiliki teras-teras. Sedangkan menurut etimologi penduduk setempat, Borobudur artinya ‘para-buddha’.

The post 6 Fakta Menarik Tentang Warisan Dunia Candi Borobudur appeared first on Brain Berries.



from Brain Berries https://ift.tt/36gjKae
via World News

No comments:

Post a Comment