Wednesday 13 May 2020

8 Kali Film Meramalkan Masa Depan

Benarkah film-film fiksi ilmiah telah meramalkan perkembangan teknologi? Kadang-kadang para penulis skenario dan sutradara sepertinya memiliki sebuah cara untuk menerawang masa depan umat manusia. Ataukah itu hanyalah imajinasi tanpa batas mereka dalam pekerjaan mereka?

Terdapat banyak keadaan di mana para guru teknologi (tech gurus) terinspirasi oleh fiksi ilmiah, yang mendorong mereka pada penciptaan inovasi-inovasi revolusioner yang orisinal. Tapi banyak hal yang tidak selalu terlihat sangat nyata. Terdapat momen-momen di mana banyak film sebenarnya mendahului bebagai peristiwa atau teknologi dan orang-orang tak bisa berbuat banyak selain terpana pada kebetulan-kebetulan yang susah dipercaya itu.

1. Back to the Future 2

(1989) Film waralaba Back to the Future memberikan pada kita papan hover (hoverboards) – alat yang menyerupai papan luncur (skateboards), tapi dengan teknologi anti-gravitasi sebagai ganti roda. Tapi film ini masih menyimpan banyak peralatan canggih! Peralatan canggih lainnya, yang baru belakangan ditemukan dalam kehidupan nyata, adalah “kacamata dengan telpon internal”. Terdengar akrab?

This image has an empty alt attribute; its file name is times-when-movies-predicted-future-1.png

2. Terminator (1984)

Dalam Terminator pertama, drone-drone terbang hanya muncul sekilas. Saat itu, ide pesawat berawak robot yang membawa kematian yang berkobar terdengar seperti fiksi ilmiah, tapi hari ini, drone ada di mana-mana!

This image has an empty alt attribute; its file name is times-when-movies-predicted-future-2-1024x550.jpg

3. Minority Report (2002)

Dalam film produksi 2002-nya ini, Spielberg beralih pada bantuan futurolog terbaik untuk membuat suasana pada tahun 2054 menjadi sangat masuk di akal. Dan beberapa prediksinya ternyata akurat secara menakutkan. Iklan terpersonalisasi yang mengikuti karakter utama sangat mirip dengan iklan-iklan kontekstual yang mengelilingi kita di laman-laman web saat ini. Dan antar muka non-kontak yang merespon gerakan tangan baru muncul kembali di tahun 2010, meskipun mereka belum bisa sama efektifnya seperti yang ada di Minority Report.

This image has an empty alt attribute; its file name is times-when-movies-predicted-future-3-1024x427.jpeg

The post 8 Kali Film Meramalkan Masa Depan appeared first on Brain Berries.



from Brain Berries https://ift.tt/2Wt7tvO
via World News

No comments:

Post a Comment